Tentang Anak Muda dan Impian

 

Oleh: Moh. Ilham S.Sos.I, MM.

Keluarga Besar Pesantren Sabilil Muttaqien

Motivator dan Penulis buku Rantai 800 KM

“Berikan Aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut gunung semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” (Bung Karno).

Kalimat menggugah jiwa dari Sang Proklamator itu, sungguh sangat luar biasa. Terutama bagi anak muda yang merasa terpanggil jiwanya untuk terus berkarya. Bukan malah santai berleha-leha. Bagi pemuda yang tidak peka. Kata-kata itu bisa dianggap hanyalah sampah semata yang tiada makna.

Hal serupa, ada juga kata-kata yang bagus dari Sang Raja Dangdut dengan terucap "Darah muda darahnya para remaja. Yang selalu merasa gagah. Tak pernah mau mengalah. Masa muda, masa yang berapi-api." Cuplikan judul lagu Darah Muda Karya Bang Haji Rhoma Irama itu juga bisa dibuat sebagai motivasi pula. Bahwa anak muda itu semangatnya menyala-nyala. Dengan memanajemen semangat yang menyala-nyala itulah diharapkan mampu benar-benar menghasilkan karya yang nyata, demi kebaikan bersama, dan tanpa banyak retorika.

Semangat yang menyala-nyala untuk kebaikan bersama itu juga yang lagi dibutuhkan untuk kita semua, untuk Indonesia. Bukan malah sebagai anak muda yang seperti kebanyakan yang menggambarkan anak muda yang manja, pergaulan bebas pakai narkoba, atau bahkan jauh dari aturan agama.

Melihat realita itu yang memang pasti ada di sekitar ini. Kita tidak boleh hanya mampu mencela, mampu mengkritik, atau menghina. Kalau bisa, saatnya berbuat dengan cara yang kita mampu. Membentuk lingkaran-lingkaran kecil kebaikan, yang suatu saat nanti mampu menjadi lingkaran kebaikan yang makin membesar dan membesar.

Untuk memperdalam artikel ini. Kami mencoba untuk melampirkan salah satu formula hidup, yaitu tentang DREAMS. Formula yang sering dipakai sebagai penguat untuk berbagi atau sharing di berbagai daerah di Indonesia. DREAMS atau impian. Yang jika diartikan tiap kata menjadi: D (Datangilah Tuhanmu), R (Rangkullah Orangtuamu), E (Eksiskanlah Gurumu), A (Anggaplah Sahabatmu), M (Militankanlah Dirimu), S (Sinergikanlah Lingkunganmu).

Sekilas formula itu sangat simple dan remeh. Tapi banyak orang yang secara sadar atau tidak. Telah memperjuangkan kehidupan mereka menjadi sukses dengan formula itu. Melibatkan Tuhan (Allah SWT), merangkul orangtua, menghormati atau mengeksiskan guru, menganggap sahabat dalam keadaan apapun itu, memilitankan diri sebagai totalitas diri, dan mencoba untuk mensinergikan lingkungan yang ada di sekitar agar menjadi kekuatan bersama-sama. Jadi dengan mengkombinasikan elemen DREAMS dengan berbagai cara khasnya Kita dalam menjalani hidup ini yang begitu indah. Maka kemungkinan besar kehidupan ini menjadi kehidupan yang tentram dan InsyaAllah mendapatkan ridha Allah SWT.

Di akhir tulisan artikel ini. Saya mencoba untuk mengingatkan kepada diri Saya sendiri khususnya. juga untuk kita semua pada umumnya. Semoga kita masih dan terus memiliki semangat muda, semangat totalitas tanpa batas untuk selalu berbuat menebar kebaikan kepada siapapun itu. Juga tidak segan-segan untuk terus memiliki impian-impian hebat dan juga berani untuk mewujudkan impian tersebut dengan cara yang luar biasa dan selalu berlindung, juga terus berharap bimbingan dari Allah SWT.

Kirim Komentar




Sebelumnya

Khofifah Indar Parawansa Puji Motor Listrik karya Siswa Pesantren Sabilil Muttaqien

Selanjutnya

Mendikbud Kagum dengan Karya Siswa PSM